Ikan-ikan Srampangan..

Roti Buaya lebih aman..

13.01

UPDATE

semalem ngimpi ada di dalam perahu aneh di kolam yg isinya banyak buaya segede banteng! Ya Allah, serem banget! gw bangun tidur kaga pake ngompol udah bagus deh.. karna suwer masih menggigil sampe sekarang.. fiuh!

bicara tentang BUAYA BENERAN, tolong bedakan persepsi dengan BUAYA DARAT ya, karena keduanya adalah mahluk yang berbeda.

kamsutnya gini..
sebagai mahluk Tuhan paling seksi yg masih ada keturunan SUKU BETAWI, gw sih ga asing ama yg namanya RUTI BUAYE
dalam Adat Betawi, Ruti Buaye termasuk PENINGSET penting yg kudu dibawa pada HARI PERNIKAHAN. Bukan pas hari lamaran lho, jangan salah ya..

kenapa bentuknya BUAYA? kaga takut tuh ntar si lelaki jadi BUAYA DARAT alias mata keranjang???
nah persepsi ini yg kudu kite di lurusin..

konon kabarnya..
ga tau bener ato kaga soalnya gw bukan ahli perbuayaan, silahkan tanya sama Pak Guru, kali ajah Beliau tau..
BUAYA adalah hewan yang panjang umur dan paling SETIA kepada pasangannya. kabar yg gw dengar, buaya hanya kawin sekali seumur hidup, jadi amat layak dijadikan LAMBANG KESETIAAN dalam rumah tangga.
selain itu buaya termasuk hewan perkasa & hidup di dua alam, ini juga bisa dijadikan perlambang dari harapan agar rumah tangga menjadi tangguh & mampu bertahan hidup di mana aja.

Ruti Buaye ini dibuat sepasang, yang BETINA ditandai dengan roti buaya kecil yg diletakan di atas punggungnya atau di samping.
Maknanya adalah kesetiaan berumah tangga sampai beranak cucu..
Peningset ini harus dijaga sepanjang jalan, supaya tetap mulus hingga sampai ke tangan Penganten Perempuan.
Ruti Buaye yg retak merupakan pertanda buruk, mungkin ini yg bikin BUAYA berubah menjadi BUAYA DARAT.. hahahaaa..

Kalo takut retak, kenapa ga dibikin dari kayu?
Itulah, Orang Betawi paling pantang punya patung, karna bisa dianggap BERHALA. selain itu, ROTI memilik makna sebagai lambang KEMAPANAN, karna ada anggapan bahwa ruti adalah makanan orang gedongan.

selesai akad nikah, biasanya ruti buaya ini dibagi2 pada saudara yang belum nikah, lagi2 ini memiliki harapan agar mereka ketularan, segera mendapatkan jodoh.

buat yg belom pernah nyobain Ruti Buaye, sekarang sih udah dibikin versi terbaru yg lembut & ada isinya (coklat, keju, nanas dll). Ruti Buaye yg asli bisa dibilang ga ada rasanya & amat keras. ibarat kata, dipake buat nimpik maling bisa bikin geger otak heheheee..
Saat ini pembuat Ruti Buaye relatif udah banyak. selain Ibu2 Betawi rumahan, beberapa toko roti seperti Holand Bakery & Lauw meneima pesanan Ruti Buaye utk hantaran akad nikah (peningset).
Jadi para Betokaw yg pengen pake tradisi ini untuk akad nikahnya, ga perlu kuatir dah..

wallahu'alam ya
yg jelas orang2 dulu biasanya segala sesuatu dipikirkan matang & jauh ke depan. apa yg mereka lakukan mengandung makna & harapan. ini kan artinya do'a juga, berharap Allah mengabulkan. dari peningset Sepasang Ruti Buaye doang ajah maknanya segambreng, belom lg peningset yg laennya

heheheee.. ga nyangka, dari ngimpi seram dikelilingin buaya raksasa, gw jd bagi2 cerita tentang Ruti Buaye yg belom tentu kebenaran nya..
ma'ap-ma'ap ajah kalo versi gw ini keliru, maklum bukan ahli sejarah ato budaya alias cuman denger2 doang..
namanya juga konon kabarnya..

sori, gambarnya cuman nemu yg dibungkus plastik..
mao nya sih yg kebuka biar jelas bentuk rutinye..

38 komentar:

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
Komennya nati dulu, udah kebeleeeeet!!!

alamendah mengatakan...

"Mr. Freshy", seekor buaya di Kebun Binatang Australia yang pernah diselamatkan oleh Steve Irwin dari alam liar setelah ditembak pemburu diperkirakan berumur 130 tahun! Tapi rata2 buaya hanya berumur 70 tahun.

Empat jenis buaya yang ada di Indonesia, yakni Crocodylus novaeguineae (buaya Irian); C. porosus (buaya muara); C. siamensis (buaya Siam); dan Tomistoma schlegelii (buaya sinyulong) telah dilindungi oleh undang-undang, lantaran hampir punah.

kalau roti buaya hampir punah gak, ya?

GeLZa mengatakan...

tapi roti buaya enak ga sih...?
lom pernah makan saya...

Anonim mengatakan...

Sinopi

@ Alamendah : diizinkan *kebeletnya apa?*
berarti panjang umur udah bener ya..
lalu ttg urusan setia alias cuman kawin hanya 1x gimana..?

Oya, Ruti Buaye ga punah..
saat ini toko roti seperti Holand Bakery & Lauw menerima pesanan Ruti Buaye Spesial Peningset
beberapa ibu2 Betawi saya dengar juga banyak yg bikin usaha terima pesanan Peningset Ruti Buaye

@ GeLZa : kalo jaman dulu Ruti Buaya rasanya hambar & teksturnya keras *bisa bikin klenger kalo nyambit maling hihiii..* kalo sekarang sih lembut & bisa pakai isi coklat, keju atau nanas..
berminat..?

belajar blog mengatakan...

wkwkwkw...
masa sih buaye kawinnya cuman satu kali
kok ada konotasi buaya darat yah ^0^

Action Figure Toy mengatakan...

wah berarti lagu lelaki buaya darat harus diralat ulang donk
ckckckck....

berita unik mengatakan...

Lelaki buaya darat..buset
Mulutnya manis sekali buset...

wakakaka...
lagunya ratu waktu masih ada mulan jamila

Anonim mengatakan...

Sinopi

@ Belajar Blog
konon kabarnya sih gitu, BUAYA BENERAN setia dg 1 pasangan..
kalo BUAYA DARAT mgkn istilahnya didapat sbg kebalikan dari buaya beneran

@ Action Figure Toy
ya ga perlu diralat dooong
yg setia kan buaya beneran, kalo lelaki buaya darat kaya nya sih udah pas

@ Berita Unik
merdu jg suaranya..
*kedengaran.. kedengaran..*

dasir mengatakan...

Pagi..salam kenal ya..aku blm pernah makan buaya eh roti buaya..

dasir mengatakan...

Eh sob,,kenapa ruti buayenya selalu warna kuning kecokelatan ya..padahal buaye kan hijau kehitaman..apa luluran ya?

Salam hangat dari Pekalongan

isnuansa mengatakan...

Cari roti buaya ah, biar ketularan...

catatan febri mengatakan...

buaya buaya dan buaya

memang orang tua dulu buat sesuatu dengan makna yang amat mendalam

funky fun-T mimi allegra mengatakan...

yang terusannya naik perahu semacam keranjang geteks itu ya, mba...
>ikut berdoa smoga buayanya cuma ngeliatin ajjah, ga lagi laper<

eh tapi bener loh, temenku banyak yang ga percaya kalo buaya itu setia mpe mati ma pasangannya...kalo aku uda tau dari dulu kalo buaya itu setia n istilah buaya darat itu rada salah kaprah...tapi ya suds deh, uda terlanjur ada istilah itu mo gmana lageee...

Pakde Cholik mengatakan...

Wah aku belum pernah makan roti buaya tuh. kalau pake T-shirt cap buaya sering.
Tiap sukubangsa punya adat-istiadat dan kepercayaan masing-masing kan. Sepanjang tak terlalu di-dewa2kan kan nggak apa2. Tuhan sudah mengatur segalanya tentang kta termasuk rejeki dan jodoh dan kematian.
Salam hangat dari Manado nduk

the bunglon's mengatakan...

Enak tuh roti buaya...
daripada buaya darat...
wakakakak...

ningrumwahyuni mengatakan...

maaf, izin add link-nya ya

Nyubi mengatakan...

miss cute srampangan :)

Desri Susilawani mengatakan...

butuh juga siy sama ruti buaye...buat khitanan adek Salman. Tapi ntarrrr...masih lama. Salam kenal ya...

Desri Susilawani mengatakan...

mo nanya, kalo hubungan buaya sama khitanan apa ya...?

oRiDo™ mengatakan...

waktu saya dapat jodoh.
gak pake roti buaya tuh..
heheheh..

Badruz mengatakan...

wah mirip banget ya ama buaye. udah gitu, bisa dimakan orang yang kondangan tuuh, gedhe abis...

Pasang Iklan Gratis mengatakan...

Wah ternyata roti buaya dalam pernikahan betasi maknanya seperti itu ya? aku malah baru tau, hehehe.. lucu juga.
kebetulan saya tadi malam juga liat acara tivi yang ada nikahnya lho pake adat betawi, di suami-suami takut istri. hehehe...
Iklan Baris

abeecdick mengatakan...

Roti buaya serem tapi kayaknya enak ya. :)

dasir mengatakan...

mampir sohabat..

Wong Jalur mengatakan...

"BUAYA adalah hewan yang panjang umur dan paling SETIA kepada pasangannya. kabar yg gw dengar, buaya hanya kawin sekali seumur hidup, jadi amat layak dijadikan LAMBANG KESETIAAN dalam rumah tangga."
Sama dengan belajar blog, knp bisa dikonotasikan buaya darat adalah yg suka gonta-ganti pasangan ya???

rian_cosmic mengatakan...

iya gw juga bingung ko buaya darat, malah buaya yg ga setia ya... hmmmmmm

daniatiwi mengatakan...

Ulang lagi deh,,,,hehe

sudah lama niat Tiwi ingin berkunjung ke blog yang temanya Tiwi suka ini. Tapi karena aktivitas dan banyak PR yang diberikan guru di sekolah, ya baru sekarang Tiwi sempatnya. *sibuk.com*
Wah,roti buayanya enak.
Buaya daratnnya yang nggak enak.

Salam kenal

Anonim mengatakan...

Sinopi
*ma'af lama nge-reply-nya..*

@ Dasir
1) malam.. salam kenal juga
cobain lah ruti buaye sekali2
2) ruti buaye berwarna kuning kecoklatan ya karna roti..
bukan buaya beneran kan..?!
3) thanx yah udah mampir lagi..

@ Isnuansa
heheee..
kalo biar ketularan bukan beli sendiri heheee..
filosofinya gini : biar ketularan, ikut makan roti buaya yg jd peningset
jd pasang pemancarlah, dimana lagi ada kawinan penganten betawi
ikutin iring2an, pas kelar acara ngikut icip ruti buaye nya hahaaa
good luck!

@ Febri
ya, benar..

@ Fanty
iyah, cuman ngeliatin sih, tp dg tatapan lapar..
tp kl menurut saya, istilah nya ga salah kaprah..
kan yg dibilang ga setia itu lelaki buaya darat, bukan buaya beneran.. heheee
karna yg setia itu buaya & yg ga setia itu ya lelaki buaya darat..
xixixiii..

@ Pakde
iya Pakde.. adat-istiadat tuh merupakan kekayaan budaya, saya kira ga ada salahnya dilestarikan sepanjang tidak bertentangan dg agama..

@ The Bunglon's
enak sih kalo yg bikinan jaman sekarang, soalnya kalo ruti buaye yg asli keras & rasanya hambar..

@ Ningrumwahyuni
trima kasuh link nya ya..

@ Nyubi
ahahahaaa..
cute??? makasih..
xixixiii..

@ Desri Susilawani
1) salam kenal jg bu, makasih koment nya..
2) hmmm.. kaya nya sih ruti buaye ga ada dalam acara adat khitanan betawi ya.. nanti saya cari tau tentang itu deh..
tp kalo buat lucu2an sepertinya oke juga tuh bu.. ruti buaya yg ukuran nya kecil2 di isi coklat buat camilan para tamu sepertinya asik juga..

@ Orido
yaiyalah.. Adam berjodoh dg Hawa jg ga pake ruti buaye..

@ Badruz
iyaaaa.. tp itu belum sebrapa, karna ada yg ukuran nya lebih besar lagih..

@ Pasang Iklan Gratis
ya kurang lebih makna yg saya tau sih itu.. ga tau ya kalo ada makna yg lebih lengkap lagi..

@ Abeecdick
masa sih serem..?
kalo enak sih relatif, tergantung yg bikin.. heheee

@ Wong Jalur dan @ Rian_Cosmic
ya pisahin dulu antara buaya beneran dg lelaki buaya darat
jd yg setia tuh buaya beneran, kalo lelaki dari kalangan manusia belum tentu..
mungkin itu sebabnya pk kata tambahan jadi buaya darat
wallahu 'alam yaaa..

@ Daniatiwi
1) Makasih ya Tiwi, udah sempet berkunjung..
tema apa ya maksud nya..? tp thanx sekali lg krn udah suka..
2) Roti sih enak, buaya darat & buaya beneran kaya nya sih sama2 nakutin.. hehee

morishige mengatakan...

oh, jadi begono..
ngerti aye sekarang kenapa rotinya itu roti buaya.

kalo roti kebo, gak mencerminkan kesetiaan.. hmm...

Desri Susilawani mengatakan...

selamat malam... (evie tamala feat.desree) *menunggu postingan terbarumu*

Anonim mengatakan...

SINOPI

@ Morishige
kalo kebo mungkin cermin kerja keras kali..

@ Desri Susilawani
selamat malam dunia.. *jikustik feat sinopi*
*belum mood bikin postingan baru.. xixiii..*

Dino Yudha Anindita mengatakan...

Hi mbak..
tadi malam juga mimpi buruk, tapi kan kalo mimpi buruk ga boleh dicritain.. tapi ada hikmah yang bisa diambil, bisa jadi lebih bersyukur.

Makasih ya atas kunjungannya. Ada solusi untuk mudah memiliki dinar emas, salah satunya dengan arisan dinar. http://dinaremasku.com/2009/10/arisan-dinar-emas/

Desri Susilawani mengatakan...

mampir lagi sambil menunggu update darimu dinda

rizky mengatakan...

ealah... ini yak yg di ceritain ama si mpok soal mimpi di SoeROCKboyo waktu di bandara ada buaya besar segede banteng itu..

untung cuman mimpi mpok.
sayah baru tauk tentang adat dan arti roti buaye di pernikahan betawi sono.. masuk akal juga shi, jika buaya itu tipe binatang yg buas, perkasa, dan mampu hidup di 2 alam.. namun untuk kesetiaannya kepada pasangannya sayah tak yakin tu :(

ado mengatakan...

buaya bukan binatang setia. bukti ilmiahnya buaya jantan bisa kawin dgn banyak betina. begitu juga sebaliknya. di musim kawin berikutnya, betina bisa berjodoh dgn buaya jantan yg lain.

manshurzikri mengatakan...

hallow, kunjunga balik..^^
wah, bru tau gue ternyata makna simbol roti buaya begitu sakral dan penting ya,,
hmmmm,,
postingannya bgus nih, inforamtif bgt!
:)

oiy, thx udh mmpir ke blog gue ya!
:)

Anonim mengatakan...

SINOPI menjawab :

Dino Yudha Anindita
kenapa mimpi buruk ga boleh dicritain..?
justru harus dicritain dong, biar ga takut sendirian.. heheee
thanx solusi nya, ntar dipikirin dulu

Desri
ituh udah posting banyak2 kok..

Qie
saya jg ga tau Qie..
tp kadang orang tua jaman dulu bener n lebih tau kok

Ado
oh gitu kah..
saya sih belum pernah meneliti secara ilmiah
tengkyu yah

Manshurzikri
sama.. makasih kembali

iza~de~bintang mengatakan...

wau cerita yang menarik...aku baru tau kalau ada ruti buaye.. pengertian yang tersirat di baliknya jugak boleh diterima secara logik.. sedapkah? atau rasa buaye hihihi .,..mau nyoba dong :D