Ikan-ikan Srampangan..

Wong Grage.. Betawi.. atau..? Cape deeehhh..!

01.20

td lg sms an dg si tukang kuweh yg ini..
ngomongin masalah order hingga sarung tangan si kurir yg ketinggalan di kantor gw yg katanya sengaja ditinggal utk tanda mata.. haiyah!
lalu sampailah ke sms obrolan ini :

dia : lebaran mudik ga..?

gw : mudik dooong..

dia : emang mba' nop aslinya mana..? jauh mudiknya..?

gw : nyokap orang Cirebon, tinggal itu doang satu2 nya nenek saya.. kasian kalo barang antik ga ditengokin.. heheee..

dia : ya Allah.. orang Cerbon, tah..? lha kita pada wong Cerbon juga..

gw : hahaaa.. Wong Grage (Wong Grage : istilah sebutan Orang Cirebon)

dia : hehehe.. meet me Wong Tangkil, jeh.. (Wong Tangkil : ga tau apa-an.. heheee)

gw : hahaha.. jangan ngomong kaya gituh.. sakit perut niy baca nya..

dia : embeeerrr.. aku aja suka ngecengin nyokap kalo bahasa bletak-bletuk nya udah kluar.. hahahaaa.. aku cuma demen niruin jeh, lah, tah.. lucu aja, bahasa bletuk laen nya ga ngerti.. hihiii..
pas aku sama nyokap ketemu temen Cerbon nya di Blok M... hiaaaaa langsung perbletukan nya kluar.. sampe preman Blok M aja heboh niruin nyokap.. kekekekekkk..
dan aku tentu aja ngumpet dan sok gak kenal.. ga kenal.. heheheee..

gw : nyokap sih ga pernah saya dengar ngomong bletukan gitu.. nyokap kalo ngomong pake Bahasa Jawa ya Jawa nya halus.. kalo ngomong pake Bahasa Sunda ya Sunda nya juga halus..
sodara2nya yg lain baru tuh pada bletukan.. hihiiii..

dia : Iya, si Mamah kalo udah ketemu temen2nya suka lupa diri.. kikikikkkk.. tapi kalo sama sodara2 Bokap ya Jawir abis, kalo sama mbah yg Sunda2 ya nyunda banget
kepribadian yg labil memang, sering berubah2.. huahahahaaa..

gw : orang Cirebon ga jelas pengen nya suku apa.. Jawa mau Sunda mau.. srakah bener, ga punya pendirian mau jd orang apa..

dia : hihiii kocak banget.. nyokap sih ngajakin tanggal 19 tp apa boleh buat tgl segitu masih ada pesanan cizkek buat anak kecil, jd ga tega nolak nya, mana temen deket..
sebenernya sih udah pingin libur.. sedih ga bisa mudik.. huhuuu..
yo wes deh, met mudik yaaa salam utk keluarga mba. thanx yaaa

hahaaa.. sms an lama banget, apalagi sebelom nya udah sms terus masalah teknis kirim kuweh.. udah ngobral-ngobrol dg dia sebulan trahir ini, baru tau kalo dia satu daerah dg nyokap gw
ya nyokap gw sih ga murni orang Cirebon, karna bokap nya alias Mbah Raka orang Pekalongan

yg ribet kalo ditanya bokap gw orang mana.. gampang nya sih bilang Betawi, karna nyokapnya alias Oma gw orang Betawi, itupun ga murni.. karna Ayahnya Oma gw tuh Cina Betawi sedangkan Ibu nya dari Bugis Makasar.. ribet bukan..?
lalu si Opa alias Ayah-nya bokap gw dari mana..? cape deeeehhhh..

berbekal nama asli si Opa sebelum jadi mualaf, plus Fam yg dia sandang, gw iseng2 aja coba search di google.. astagaaaa!! Fam si Opa ternyata malahan memiliki situs resmi, lengkap kapan mereka itu datang ke Indonesia, sejarah pendaratan dan lain2.. malahan mereka punya daftar orang2 yg masih hidup plus keturunan nya.. ga nyangka!

sejenak gw bingung harus ngapain.. cap-cip-cup, gw pilih 1 nama.. Anthony, karna dilihat dari tgl lahir, hanya selisih 10th dg Opa gw.. ga disangka Beliau merespon imel gw.. banyak yg dia tanyakan, tapi gw ga tau banyak.. duh, sayang sekali ya..
walau begitu, pada akhirnya kami jd bersahabat.. gw & Opa Anthony yg umurnya 80th itu jd sering ngobrol di Fezbuk, nanya ini-itu, obrolin cucu nya yg ternyata ga semua bule.. Edan! orang setua itu masih gesit kesana-sini dan eksis.. Salut!

Apapunlah.. penting ga sih untuk tau gw ini orang mana..?
bukan ga boleh.. masalah nya gw pun ga tau harus jawab apa..!


17 Sept 2009

5 komentar:

funky fun-T mimi allegra mengatakan...

wong tangkil itu maksodnyah orang tangkil, tinggalnya di jalan tangkil hehehe...
mbahku dulu tinggalnya di sana... skarang bliao sudah almarhum jadi kalo mudik juga ke tempat sodara-sodara mbah ajjah

met mudik jeh...kekekekeeee... :P

Hadi mengatakan...

Pertamaxxx disini. Jadi intinya orang mana non? Sy jadi bingung mbacanya

Pakde Cholik mengatakan...

Wah seru juga ya akhirnya, obrolan kue sampai ke silsilah ha..ha.ha.
Tahun 2008 saya mbuat Buku Silsilah keluarga eyangnya isterinya saya. tebalnya 375 halaman. Tadinya mertua bilang " mission impossible", tapi nyata aya sanggup mewujudkan buku itu.

Udah ngepak2 dunk mau mudik ke Cirebon, tapi kan dekatn tho.
Salam hangat dari Surabaya

rizky mengatakan...

sayah g tanyak mpok aslinya orang mana.... lah wong mpok sendiri juga bingung jika di tanyak dan suruh pilih menjadi orang mana?? betawi, grage, atau orang keturuan yg punyak sil-sila banyak itu....

Anonim mengatakan...

Sinopi

@ Fanty : oh gituh.. kirain istilah lain nya.. soalnya kan kalo Grage tuh melekat banget dg Cirebon, hingga ada Grage Mall kan..?
orang2 yg ga tau, dikira bacanya : GREJMOL.. huahahahaaa..

@ Hadi : keduax aja deh yaaa..
waduh.. baca dong kalimat yg paling bawah..
saya jg bingung harus mengaku apa..
apapunlah, yg penting bukan orang gila atao orang utan.. xixixiii

@ Pakde : hebat pakde!
bapak saya jg nyoba bikin buku yg sama.. mandeg! hahaaa..
lalu buku nya diterbitkan ato dicetak utk kalangan sendiri tho pakde..?

@ Qie : iya Qie, jangan tanyalah.. saya nanti tambah pusing..